93 KB – 7 Pages

PAGE – 1 ============
1 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Untuk para pelajar, internet telah menjadi kebutuhan mendasar bagi sarana untuk menunjang pendidikan, seperti mencari ebook yang sesuai dengan mata pelajarannya. Juga banyak sekali orang – orang yang berdedikasi untuk menyebarkan ilmu pengetahuannya dalam bentuk ebook . Namun metode yang digunakan dalam mencari ebook sekarang terbilang ribet karena, pelajar harus mencarinya melal ui mesin pencari, dikarenakan banyak ebook yang di upload di beberapa website berbeda. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem aplikasi web yang bisa diakses oleh banyak orang dan terpusat yang menyediakan banyak ebook , seperti file sharing. Tujuan dari membuat aplikasi berbagi file berbasis web adalah untuk memudahkan para pelajar untuk mencari ebook pada satu tempat dan tidak perlu bersusah payah untuk mencari di mesin pencari. Dalam pembuatan website banyak sekali bahasa pemrograman dan framework yang dapat d igunakan. Laravel merupakan framework berbasis PHP yang secara khusus dikembangkan untuk PHP versi 5.3. File sharing adalah aktifitas di mana para pengguna internet dapat berbagi file dengan pengguna internet lainnya dengan cara penyedia file terlebih dahu lu upload file ke komputer server dan kemudian para pengguna internet yang lainnya dapat download file tersebut dari komputer server. Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka penulis berniat untuk membuat Sistem berbagi file pdf sebagai media untuk b erbagi ilmu melalui buku elektronik. Dan akan direalisasikan dalam bentuk Tugas Akhir dengan judul LARAVEL

PAGE – 2 ============
2 1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang diuraikan diatas, dapat dirumuskan permasalahannya yaitu : Bagaimana membangun suatu sistem berbagi file pdf menggunakan laravel , yang dapat diakses secara bebas oleh banyak orang? 1.3 Batasan Masalah Untuk menghindari agar per masalahan tidak meluas dan pembahasan lebih terarah, maka permasalahan dibatasi pada: 1. Menggunakan framework laravel , yang dibangun menggunakan PHP untuk membangun sistem berbagi file pdf. 2. Menggunakan database MySQL untuk pengolahan datanya. 3. Sistem ini bers ifat online . 4. Metode pengembangan sistem adalah waterfall 5. Pelajar yang dimaksudkan adalah mahasiswa, anak sekolah, maupun orang umum yang suka belajar. 1.4 Tujuan Tugas Akhir Tujuan utama dari Penelitian ini adalah terbentuknya sistem berbagi file pdf, agar da pat memudahkan para pelajar untuk mencari file ebook dengan mudah 1.5 Manfaat Tugas Akhir Manfaat yang diharapkan dari Penelitian ini adalah: 1. Bagi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai masukan, referensi, sumbangan pemikiran serta bahan pertimbangan yang dapat digunakan sebagai sarana dalam menyebarkan informasi secara cepat. 2. Bagi Penulis a) Dijadikan sebagai tolak ukur dalam mempraktekan hasil belajar dan sebagai penerapan materi pembelajaran di fakultas Teknologi Informasi dan komunikasi U niversitas Semarang.

PAGE – 3 ============
3 b) Menambah wawasan dan pengetahuan tentang perancangan aplikasi website . 3. Bagi pembaca a) Sebagai referensi pembuatan laporan. b) Menambah pengetahuan dan referensi tentang perancangan website. 4. Bagi Akademik a) Menambah literatur perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. b) Mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam menguasai materi yang diterima selama mengikuti perkuliahan. 1.6 Metodologi penelitian Pengumpulan data merupakan langkah awal dalam sistem penu lisan laporan. Data yang terkumpul nantinya akan digunakan dalam pembahasan laporan, oleh karena itu pengumpulan data harus dilakukan secara sistematis dan terarah sehingga laporan yang disajikan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 1.6.1 Jenis dan Sumber Data a. Data Primer Data Primer adalah data – data yang diperoleh secara langsung dari sumber yang menjadi objek penelitian. Data ini diperoleh dari wawancara yang dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen di Fakultas Teknologi Informasi dan komunikasi. b. Data S e kun der Data Sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari sumber objek penelitian dan digunakan sebagai pendukung data primer. Data ini diperoleh secara tidak langsung, yaitu melalui studi pustaka dan media perantara yang dicatat atau didapat kan oleh pihak lain. Data sekunder ini dapat berupa buku, catatan, laporan maupun arsip.

PAGE – 4 ============
4 1.6.2 Metode Pengumpulan Data 1. Metode Wawancara Metode ini merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan konsep tanya jawab kepada pihak yang berperan langsung pada sistem yang digunakan. Metode ini merupakan tindak lanjut dari metode observasi karena pemahaman terhadap data – data yang di dapat pada metode observasi mungkin belum cukup. 2. Metode Pustaka Metode pustaka adalah metode pengumpulan data yang dilakukan de ngan memperoleh data yang dibutuhkan dari buku atau melalui literature lain. Data – data tersebut digunakan sebagai referensi dan pembanding dalam menganalisa masalah – masalah yang timbul. 3. Metode Observasi Metode Observasi adalah dalam pengumpulan data dilakukan secara langsung di lapangan, untuk mendapatkan informasi yang terpercaya dan akurat. Metode ini dilakukan dengan melakukan pengamatan dan pencatatan secara langsung terhadap sistem yang sedang digunakan. Data – data pengamatan tersebut menunjang pe mahaman terhadap aplikasi yang digunakan. Dalam metode ini memungkinkan penulis untuk mendapatkan pengetahuan baru yang kadang tidak ditemukan pada perkuliahan. 1.6.3 Metode Pengembangan Sistem Dalam pengembangan aplikasi ini, penulis menggunakan metode waterfa ll , seperti gambar 1. 1. Metode ini dinamakan juga siklus hidup klasik ( classic life cycle ), dimana hal ini menyiratkan pendekatan yang sistematis dan berurutan (sekuensial) pada pengembangan perangkat lunak, yang dimulai dengan spesifikasi kebutuhan penggu na dan berlanjut melalui tahapan – tahapan perencanaan ( planning ), permodelan ( modelling ), konstruksi ( construction ), serta penyerahan sistem/perangkat lunak ke pelanggan/pengguna ( deployment) (Pressman, 2012).

PAGE – 5 ============
5 Gambar 1. 1. Tahapan Sistem Waterfall (Pressman, 2012). Adapun penjelasan dari metode tersebut meliputi (Pressman, 2012): a) Comunication (Komunikasi) Pada tahap ini penulis mencari dan mengamati latar belakang masalah, kemudian mengumpulkan data – data untuk mencari spesifikasi kebutuhan pengguna. b) Planning (Perencanaan) Setelah semua analisa dikumpulkan, kemudian penulis membuat prakiraan – prakiraan, penjadwalan, dan pelacakan dalam pembuatan sistem. c) Mode lling (Permodelan) Pada tahap ini dilakukan analisis dan perancangan sistem. Dalam hal ini adalah sebuah rancangan desain website diglib, sistem berbagi file pdf menggunakan laravel dan bootstrap. d) Construction (Konstruksi) Comunication Planning Modelling Construction D Deployment

PAGE – 6 ============
6 Pada tahap ini dilakukan penulisan kode program dan pengujian. Dalam hal ini dilakukan pengecekan pada diglib, sistem berbagi file pdf menggunakan laravel dan bootstrap. e) Deployment (Penyerahan Perangkat Lunak) Setelah dilakukan pengujian dan sistem sudah layak, maka sistem/perang kat lunak akan diserahkan pada pelanggan/pengguna, tapi apabila ada kesalahan maka akan langsung diperbaiki. 1.1 1.7 Sistematika Penulisan Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir harus mempunyai sistematika yang dapat menunjukkan urutan dari keseluruhan isi pembahasan didalam laporan, sistematika penyusunan laporan ini dibagi dalam beberapa bab diantaranya adalah sebagai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan masalah, Pembatasan Masalah, Tujuan Tugas Akhir, Manfaat Tugas Akhir, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan. BAB II : LANDASAN TEORI Pada bab ini berisi uraian beberapa landasan teori yang ada hubungannya, dengan pokok permasalahan yang akan dipilih, yang akan dijadikan lan dasan penulisan Tugas Akhir. BAB I I I : PERENCANAAN DAN ANALISA PERANCANGAN SISTEM Dalam bab ini menguraikan tentang kebutuhan sistem yang diperlukan dalam perancangan desain, membahas rancangan sistem yang akan dibuat.

93 KB – 7 Pages